jurnal :
PERENCANAAN INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE MANAGEMENT PADA UNIVERSITAS
ABSTRAK
Pengembangan manajemen yang didukung
dengan sistem informasi berbasis komputer merupakan instrumen strategis yang
dibutuhkan dalam era globalisasi. Optimalisasi pelaksanaan tata kelola TI
sesuai standar secara operasional dapat dicapai dengan menggunakan framework
yang merupakan bagian dari IT Management System (ITSM), yaitu IT Infrastructure
Library (ITIL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
perkembangan ITSM dalam universitas dan mengetahui pemanfaatan ITSM dalam dunia
pendidikan. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis, yaitu
studi pustaka dengan mengumpulkan materi, data dan informasi dari buku, jurnal
dan artikel yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan implementasi ITSM bagi universitas beserta pengaruhnya bagi
perkembangan universitas. Simpulan dari penelitian ini adalah ITSM dapat
mendukung perkembangan organisasi termasuk universitas jika didukung oleh
infrastruktur dan sumber daya manusia yang kompeten dan memadai.
ANALISA
JURNAL
Menurut saya dalam mengenai jurnal yang telah saya baca, dengan judul
“Perancangan Information Technology
Service Management dalam Universitas” adalah bahwa banyak manfaat yang
dirasakan organisasi ketika mampu mengimplementasikan TI dalam proses
bisnisnya. Pengurangan waktu dalam melakukan layanan, peningkatan kualitas,
fungsional, serta perbaikan yang dilakukan dengan biaya sangat minimal
merupakan beberapa manfaat yang mampu membantu organisasi dalam mencapai visi
dan misinya.
seiring dengan perkembangan teknologi perangkat mobile sangat dibutuhkan masyarakat. Kemajuan
dalam perkembangan teknologi mobilephone android juga memberi dampak besar pada
dunia pendidikan. Perkembangan IT Service Management sangat pesat seperti
contoh beberapa mahasiswa cenderung lupa dengan jadwal kuliah, ruangan kelas
maupun nilai mata kuliah mereka oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi agar
dapat mengakses informasi-informasi tersebut secara cepat tanpa perlu ke warnet
ataupun membuka laptop mereka lagi. Tujuan dibangunnya aplikasi ini adalah
untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan informasi tentang info akademik
dengan menggunakan telepon genggam.
Dalam aplikasi ini mahasiswa dapat melakukan login untuk dapat
melihat jadwal kuliah yang sedang dijalani, nilai mata kuliah, dan informasi akademik.
Aplikasi ini dapat diakses menggunakan android sebagai sistem operasinya,
bahasa pemrogramannya adalah java, mysql sebagai database dan eclipse sebagai
editornya. Penelitian tersebut menghasilkan sebuah aplikasi sistem informasi
akademik yang dapat berjalan dalam sistem operasi android yang dapat
menampilkan informasi akademik yang dibutuhkan mahasiswa. Hal ini sudah dapat
menunjukan bahwa perkembangan IT service management sangat maju dan memberi
dampak yang positif.
Kesimpulan
Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa ITSM dapat mendukung perkembangan organisasi termasuk universitas jika
didukung oleh infrastruktur dan sumber daya manusia yang kompeten dan memadai.
JURNAL
:
The IT Service Management according to the
ITIL framework applied to the enterprise value chain
IT Service Management menurut kerangka ITIL
diterapkan pada rantai nilai perusahaan
Abstrak
Tujuan dari makalah ini adalah untuk
mengusulkan sebuah pendekatan untuk menerapkan praktek-praktek repositori
terbaik dari manajemen layanan TI ITIL pada rantai nilai perusahaan pada
umumnya. Hal ini untuk membuat proyeksi fase dan proses ITIL dan struktur
mereka pada link dalam rantai nilai.
ANALISA
JURNAL
ITIL didefinisikan sebagai
seperangkat praktik terbaik yang disusun sebagai beberapa proses berkomunikasi
satu sama lain. Masing-masing proses memenuhi perannya dalam rangka memenuhi
kriteria perbaikan terus-menerus dan kepuasan pelanggan.
organisasi praktek terbaik
menyediakan struktur disetujui oleh tahun pengalaman di perusahaan besar,
secara global diakui untuk profesionalisme mereka, untuk meresmikan proses
mereka dan mengoptimalkan manajemen layanan TI.
Dengan demikian, proses
mendefinisikan strategi, sebagaimana digariskan oleh ITIL, dapat melakukan
penelitian sebagai berikut :
• Mendefinisikan pasar
• Mengembangkan tawaran
• Mengembangkan aset strategis
• Siapkan untuk pelaksanaan
Langkah-langkah ini persis seperti
panduan pemasaran strategis yang dapat melakukan riset pasar (kompetisi dan
kebutuhan) untuk permintaan pelanggan lebih memenuhi. Proses ini dapat
mencerminkan keadaan pikiran panggilan pemasaran dan melihat realitas melalui
mata pelanggan. Layanan produksi dibebankan pada proses produksi, yang
bertanggung jawab antara lain untuk menciptakan, menginstal, menguji dan
menggunakan paket ke dalam produksi berhasil dan tepat waktu produksi layanan
harus dikelola sesuai dengan standar internasional dalam hal manajemen proyek. Sebaliknya,
selama fase desain, ITIL dapat membantu untuk mengatasi aspek-aspek tersebut
dengan menyediakan negara ini dari layanan seni.
Kesimpulan
Keterampilan ITIL telah dirancang
untuk memenuhi kebutuhan untuk restrukturisasi proses manajemen layanan TI.
filsafat telah membawa hasil yang baik dalam hal manajemen TI dan peningkatan
pelayanan. Desain repositori ini juga memenuhi kebutuhan fungsional bisnis
seperti yang terstruktur dengan rantai nilai seperti yang didefinisikan oleh
penulis manajemen.
Makalah ini mengusulkan sebuah
pendekatan yang menyatukan kekuatan dan manfaat dari metodologi ITIL dan rantai
nilai.
Pendekatan yang diusulkan dan analogi
telah membantu mengembangkan proses yang ditentukan oleh ITIL dan menerapkannya
ke link dalam struktur rantai nilai. Makalah ini difokuskan pada tahap utama
dari rantai nilai. Ia meninggalkan lapangan terbuka bagi para peneliti untuk
memperkaya penerapan standar ini untuk mendukung fungsi bisnis dan perusahaan
'seperti keuangan, sumber daya manusia, dll.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar