Jumat, 08 April 2016

TUGAS ANALISA JURNAL


jurnal :
PERENCANAAN INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE MANAGEMENT PADA UNIVERSITAS

ABSTRAK 
Pengembangan manajemen yang didukung dengan sistem informasi berbasis komputer merupakan instrumen strategis yang dibutuhkan dalam era globalisasi. Optimalisasi pelaksanaan tata kelola TI sesuai standar secara operasional dapat dicapai dengan menggunakan framework yang merupakan bagian dari IT Management System (ITSM), yaitu IT Infrastructure Library (ITIL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan ITSM dalam universitas dan mengetahui pemanfaatan ITSM dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis, yaitu studi pustaka dengan mengumpulkan materi, data dan informasi dari buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi ITSM bagi universitas beserta pengaruhnya bagi perkembangan universitas. Simpulan dari penelitian ini adalah ITSM dapat mendukung perkembangan organisasi termasuk universitas jika didukung oleh infrastruktur dan sumber daya manusia yang kompeten dan memadai.

ANALISA JURNAL
Menurut saya dalam mengenai jurnal yang telah saya baca, dengan judul “Perancangan Information  Technology Service Management dalam Universitas” adalah bahwa banyak manfaat yang dirasakan organisasi ketika mampu mengimplementasikan TI dalam proses bisnisnya. Pengurangan waktu dalam melakukan layanan, peningkatan kualitas, fungsional, serta perbaikan yang dilakukan dengan biaya sangat minimal merupakan beberapa manfaat yang mampu membantu organisasi dalam mencapai visi dan misinya.
seiring dengan perkembangan teknologi perangkat mobile sangat dibutuhkan masyarakat. Kemajuan dalam perkembangan teknologi mobilephone android juga memberi dampak besar pada dunia pendidikan. Perkembangan IT Service Management sangat pesat seperti contoh beberapa mahasiswa cenderung lupa dengan jadwal kuliah, ruangan kelas maupun nilai mata kuliah mereka oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi agar dapat mengakses informasi-informasi tersebut secara cepat tanpa perlu ke warnet ataupun membuka laptop mereka lagi. Tujuan dibangunnya aplikasi ini adalah untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan informasi tentang info akademik dengan menggunakan telepon genggam.
Dalam aplikasi ini mahasiswa dapat melakukan login untuk dapat melihat jadwal kuliah yang sedang dijalani, nilai mata kuliah, dan informasi akademik. Aplikasi ini dapat diakses menggunakan android sebagai sistem operasinya, bahasa pemrogramannya adalah java, mysql sebagai database dan eclipse sebagai editornya. Penelitian tersebut menghasilkan sebuah aplikasi sistem informasi akademik yang dapat berjalan dalam sistem operasi android yang dapat menampilkan informasi akademik yang dibutuhkan mahasiswa. Hal ini sudah dapat menunjukan bahwa perkembangan IT service management sangat maju dan memberi dampak yang positif.

Kesimpulan
Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ITSM dapat mendukung perkembangan organisasi termasuk universitas jika didukung oleh infrastruktur dan sumber daya manusia yang kompeten dan memadai.


JURNAL :
The IT Service Management according to the ITIL framework applied to the enterprise value chain
IT Service Management menurut kerangka ITIL diterapkan pada rantai nilai perusahaan

Abstrak

Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengusulkan sebuah pendekatan untuk menerapkan praktek-praktek repositori terbaik dari manajemen layanan TI ITIL pada rantai nilai perusahaan pada umumnya. Hal ini untuk membuat proyeksi fase dan proses ITIL dan struktur mereka pada link dalam rantai nilai.

ANALISA JURNAL

ITIL didefinisikan sebagai seperangkat praktik terbaik yang disusun sebagai beberapa proses berkomunikasi satu sama lain. Masing-masing proses memenuhi perannya dalam rangka memenuhi kriteria perbaikan terus-menerus dan kepuasan pelanggan.
organisasi praktek terbaik menyediakan struktur disetujui oleh tahun pengalaman di perusahaan besar, secara global diakui untuk profesionalisme mereka, untuk meresmikan proses mereka dan mengoptimalkan manajemen layanan TI.
Dengan demikian, proses mendefinisikan strategi, sebagaimana digariskan oleh ITIL, dapat melakukan penelitian sebagai berikut : 
• Mendefinisikan pasar
• Mengembangkan tawaran
• Mengembangkan aset strategis
• Siapkan untuk pelaksanaan
Langkah-langkah ini persis seperti panduan pemasaran strategis yang dapat melakukan riset pasar (kompetisi dan kebutuhan) untuk permintaan pelanggan lebih memenuhi. Proses ini dapat mencerminkan keadaan pikiran panggilan pemasaran dan melihat realitas melalui mata pelanggan. Layanan produksi dibebankan pada proses produksi, yang bertanggung jawab antara lain untuk menciptakan, menginstal, menguji dan menggunakan paket ke dalam produksi berhasil dan tepat waktu produksi layanan harus dikelola sesuai dengan standar internasional dalam hal manajemen proyek. Sebaliknya, selama fase desain, ITIL dapat membantu untuk mengatasi aspek-aspek tersebut dengan menyediakan negara ini dari layanan seni.


Kesimpulan

Keterampilan ITIL telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan untuk restrukturisasi proses manajemen layanan TI. filsafat telah membawa hasil yang baik dalam hal manajemen TI dan peningkatan pelayanan. Desain repositori ini juga memenuhi kebutuhan fungsional bisnis seperti yang terstruktur dengan rantai nilai seperti yang didefinisikan oleh penulis manajemen.
Makalah ini mengusulkan sebuah pendekatan yang menyatukan kekuatan dan manfaat dari metodologi ITIL dan rantai nilai.
Pendekatan yang diusulkan dan analogi telah membantu mengembangkan proses yang ditentukan oleh ITIL dan menerapkannya ke link dalam struktur rantai nilai. Makalah ini difokuskan pada tahap utama dari rantai nilai. Ia meninggalkan lapangan terbuka bagi para peneliti untuk memperkaya penerapan standar ini untuk mendukung fungsi bisnis dan perusahaan 'seperti keuangan, sumber daya manusia, dll.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar